Menghubungkan Web Server dengan Database Server yang berbeda fisik Server

topologi web server dan dabatase server

Assalamualaikum wr.wb

Melakukan konfigurasi server adalah sebuah hal yang tidak mudah, apa lagi pasti akan komplek masalah yang didapatkan ketika terjadi sebuah hal-hal yang diluar pikiran kita. Untuk mengubungkan web server dan database server terpisah ini adalah sebuah hal yang penting untuk melakukan keamanan data.

Saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman dari grup php indonesia yang sudah membantu saya dalam menyelesaikan tugas saya melakukan konfigurasi web server dan database server bisa terhubung.

Untuk penghubungan ini saya mengunakan program php dan database mysql semoga agar tidak komplek untuk pembahasan kedepan.

Jadi saya tidak membahas untuk konfigurasi IP nya saya hanya membahas bagaimana web server dan database bisa terhubung. Pastikan semua konfigurasi IP, Web Server, Database Server sudah selesai.

topologi web server dan dabatase server

Kurang lebih topologi yang saya bahas seperti ini, lalu untuk file config.php atau file koneksi di php dan database seperti ini.

<?php
$host = "IP_Server_Database";
$user = "user_database";
$pass = "password_database";
$db = "nama_database";

//Menggunakan objek mysqli untuk membuat koneksi dan menyimpanya dalam variabel $mysqli
$mysqli = new mysqli($host, $user, $pass, $db);

?>

Database  Server

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat database bisa di akses dari luar, hal ini cukup komplek karena harus berhubungan dengan hak akses database. Format dari perintah seperti berikut anda harus menyesuikan dengan topologi yang ada. Perintah ini anda dapat masukan di dalam phpmyadmin atau dalam command line pada database mysql.

CREATE USER ‘nama_user‘@’IP_WebServer‘ IDENTIFIED BY ‘Password_Database’; GRANT SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, ALTER ON ​Nama_Database`.* TO ‘Nama_User_Database’@’IP_WebServer’; FLUSH PRIVILEGES;

Keterangan

nama_user = nama user ini anda isi dengan user sembarang untuk dapat di akses dari luar

IP_WebServer = alamat IP dari web server yang akan mengakses database

Password_Database = password yang akan di gunakan untuk akses database

Nama_Database = Database yang di akses dari luar

Saya membuat contoh nama_user, IP_WebServer, Password_Database, Nama_Database  saya samakan dengan topologi saya.

web server 1

nama_user = melon

IP_WebServer = 192.168.10.1

Password_Database = melonkuning

Nama_Database = dbmelon

Maka anda dapat memasukan perintah seperti berikut

CREATE USER ‘melon‘@’192.168.10.1‘ IDENTIFIED BY ‘melonkuning’; GRANT SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, ALTER ON ​dbmelon`.* TO ‘melon’@’192.168.10.1’; FLUSH PRIVILEGES;

Pastikan tidak ada pesan error, dan anda dapat membuat lagi hak akses untuk server yang lain dengan IP yang berbeda, hanya itu yang dilakukan di database server.

Web Server 

Untuk web server anda tinggal sesuaikan dibagian config disesuikan dengan hak akses yang di berikan dari database server.

<?php
$host = "192.168.10.10";
$user = "melon";
$pass = "melonkuning";
$db = "dbmelon";

//Menggunakan objek mysqli untuk membuat koneksi dan menyimpanya dalam variabel $mysqli
$mysqli = new mysqli($host, $user, $pass, $db);

?>

Jika sudah selesai di konfigurasi web server dan database server anda bisa melakukan restart web server dan database server. Setelah itu anda dapat mencoba apakah koneksi database server dan web server berhasil atau tidak.

Mohon maaf jika tulisan saya sedikit rumit dalam bahasa, jika anda masih butuh bantuan untuk melakukan konfigurasi anda bisa hubungi saya semoga bisa membantu.

Wasalamualaikum wr.wb

Sumber :

https://www.facebook.com/groups/35688476100/permalink/10156552482866101/?comment_id=10156552837036101&notif_id=1537663199538738&notif_t=group_comment&ref=notif

4 tanggapan untuk “Menghubungkan Web Server dengan Database Server yang berbeda fisik Server

  1. halo, kak. saya mau tanya. saya punya server A dan server B. nah, di server B saya ingin menarik query database dari server A. config database-nya bagaimana ya, kak di server B? kemudian di server A selain menambahkan IP B di bagian remote MySQL, apa ada lagi yang harus dikonfigurasi? Terima kasih, kak.

    Disukai oleh 1 orang

  2. bang apa ada jurnal nya perancangan web server dan database server dengan server terpisah? jika ada apakah saya bole minta?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s