Memperbaiki Grub yang hilang

Grub_logo

Assalamualaikum wr.wb

Grub itu adalah sebuah program untuk memilih kita bisa memilih untuk boot ke mana, masalah grub hilang itu ketika kita install sistem operasi. Tutorial ini banyak orang yang mencari dan saya pun juga penting bagi saya juga.

Banyak cara yang di lakukan orang-orang untuk memperbaiki grub yang hilang. Tapi saya mengambil contoh yang sederhana tapi sedikit memerlukan kesabaran.

1.  Install dan gunakan GNU/Linux mint atau GNU/Linux ubuntu sebagai sistem operasi live.

Dalam hal ini anda harus memiliki  1 program dan 1 file iso, anda harus mempunyai program untuk burning ke USB atau pun DVD.

2. Lakukan booting dengan GNU/Linux live.

Setelah anda sudah selesai membuat GNU/Linux live anda bisa langsung mengunakan nya di laptop anda, dan anda masuk ke langkah selanjud nya.

3.  Masukkan perintah di bawah ini di terminal.

$ sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/boot-repair
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install -y boot-repair && boot-repair

lalu nanti akan muncul jendela seperti ini.

lalu klik Recommended repair dan tunggu proses nya sampai selesai. begitu lah pengalaman saya memperbaiki grub yang hilang.

Semoga bermangfaat, mungkin itu sedikit dokumentasi dari pembelajaran saya, Jika anda kurang jelas silahkan di tanyakan dengan berkomentar atau anda bisa hubungi saya lewat facebook saya.

Wasalamulaikum wr.wb

 

 

sumber :

http://ad4msan.com/­mengatasi-grub-loader­-hilang

gambar https://en.wikipedia.org/wiki/GNU_GRUB

2 tanggapan untuk “Memperbaiki Grub yang hilang

Tinggalkan komentar